Selamat Jalan Syeikh Ali Hasan

Selamat Jalan Syeikh Ali Hasan

Inna lillahi wa inna ilahi rajiun, kalimat istirja yang mampu terucap atas wafatnya Syeikh Ali Hasan Alhalabi rahimahullah kemarin. Semoga Allah Yang Maha Pemurah mengampuni dosa dan kesalahan beliau, mengangkat derajat beliau setinggi-tingginya sebagai mana upaya beliau meninggikan kalimat-Nya dan membela Sunnah nabi-Nya.

Beliaulah murid senior terdepan dari Syeikh Muhammad Nashruddin Al-Albani -rahimahullah- yang paling terdekat dengan beliau dan yang paling gigih membela kehormatan beliau dari hujatan musuh-musuh dakwah. Sekitar 25 tahun berguru dengan Syeikh Albani membuat beliau begitu kokohnya dalam keilmuan dan hadis, meninggalkan puluhan bahkan ratusan karya ilmiah, makah, artikel, tahqiq dan takhrij . Tak heran buah kecintaan pada sang guru beliau membuat beliau berwasiat agar dikubur disamping makam gurunya. Rahimahumullah.

Sejak tahun 2000 beliau aktif mengunjungi Indonesia tiap tahunnya memberikan pencerahan ilmu dan manhaj kepada para da’i dan ustadz-ustadz di Indonesia. Kami para murid merasa sangat berhutang budi pada kekayaan khazanah intelektual beliau dan kekokohan dalam manhaj yang telah membentuk karakter para dai dalam berdakwah di negeri ini.

Tahun demi tahun beliau terus menerus memompa semangat kami untuk tetap istiqamah dalam menimba ilmu dan berdakwah yang kini terasa sangat bermanfaat untuk perkembangan dakwah di nusantara ini.
Sungguh hati ini bersedih, air mata berlinang, mendengar kepergian beliau, namun kami yakin apa yang dipilihkan Allah -di sisi-Nya- jualah yang terbaik bagi anda wahai Syaikh kami.

Untuk para pencela beliau, berhentilah mencela, sebab celaan anda takkan dapat menggugurkan pujian-pujian ulama pada beliau semisal pujian yang disematkan Syeikh Al-Albani, Ibn Baz, Syeikh Utsaimin, Syeik Abdul Muhsin al Abbad, Syeikh Hammad al Anshari dan ulama-ulama “permata dunia lainnya” pada beliau.

Kami meyakini Syeikh Ali tidak maksum dari kesalahan, sebagaimana ulama-ulama kainnya, tetapi kekhilafan beliau sungguh ibarat “setitik noda” dalam lautan keutamaan beliau -rahimahullah.

Air hujan jatuh menggenang
Dalam gubuk di tengah taman
Air mata jatuh berlinang
Atas wafatnya Syeikh Ali Hasan

Ikan Nila ikan Mujahir
sangkut di jala kala ditebar
Semoga pahala terus mengalir
Atas ilmu yang tuan sebar

Ambil bambu buatlah galah
Galah patah di pohon rambutan
Meski jasad dikandung tanah
Tuan selalu dalam ingatan

Kupu-kupu si rama-rama
Hinggap sepasang di daun serai
Dunia ini negeri yang fana
Tempat berkumpul lalu bercerai

Dipagi hari menyemai padi
Jangan lupa bersihkan gulma
Akhirat jua kampung abadi
Semoga disana kembali bersua

Memang lezat manisan pala
Dijual cik Dolah di pasar pagi
Duhai sahabat hentilah mencela
Agar dirimu kelak tak rugi
—————
Batam, 30 Rabiul Awwal
1442/ 16 Nov 2020
Abu Fairuz My