Istri Qona’ah

Diposting oleh adminabufairuzcom pada 23 January 2016
Kategori: Akhlak

 

ISTRI QANA’AH

Istri qana’ah adalah istri yang selalu ridha dengan apapun yang diberikan suami, ikhlas menerima dengan dada lapang, percaya sepenuhnya dengan suami bahwa suami tidak akan menzaliminya.

Ia yakin bahwa rezekinya tidak akan pernah diambil ataupun tertukar dengan siapapun, baik orang tersebut orang tua suami, adik dan dan kakak iparnya, kerabat dan handai tolannya, ataupun istri-istri suaminya yang lain. Karena keyakinannya bahwa setiap orang telah memiliki masing-masing rezeki yang telah ditentukan Allah 50.000 tahun sebelum terwujud langit dan bumi.

Istri qana’ah adalah istri yang bijak menggunakan harta pemberian suaminya. Ia tidak boros menghambur-hamburkan harta -sekalipun suami kaya raya- tidak buang-buang makanan ataupun menumpuk-numpuknya dalam lemari es hingga rusak untuk kemudian dibuang di tong sampah. Apalagi jika suaminya susah dan tidak kaya,dia akan berhemat semaksimal mungkin daripada harus berhutang ke warung.

Istri Qana’ah adalah istri yang selalu memuji dan bersyukur dengan apapun yang didapat dari suami,sekalipun sedikit. Baginya suaminyalah orang yang paling sempurna memberikan kebahagian padanya.

Istri Qana’ah adalah istri yang selalu melihat ke bawah, bahwa di bawahnya masih banyak orang-orang yang hidup dengan serba kekurangan,makan dengan ala kadarnya, rumah masih ngontrak,suami hanyalah operator alias buruh kasar.

Masih bayak orang yang hidup tanpa kendaraan, jangankan mobil…terkadang motorpun tak punya. Kemana-mana harus setia dengan angkutan umum,bersempit-sempit ria dengan orang banyak.

Ia sadar bahwa ia lebih beruntung karena masih punya sepeda motor meskipun butut, punya mobil walaupun telah tua, punya rumah meskipun kecil. Ia selalu bersyukur karena Allah masih memberikan kesehatan pada suaminya hingga bisa bekerja. Sebab ia tau ada suami-suami yang malas bekerja, terpaksa istri harus peras keringat jadi tulang punggung keluarga.

Ia sadar bahwa ada pula istri-istri yang suami mereka sakit kronis dan tidak mampu mencari nafkah, mereka bertahan hidup dengan susah payah,la haula wala quwwata illa billahi.

Istri qana’ah adalah istri yang malu banyak meminta kepada suaminya, bahkan sebagian mereka ada yang tidak pernah minta uang belanja kecuali jika diberi suami, tanpa pernah mengeluh apalagi menyusahkan suami. Berapa pun diberi suami ia diam tak berkomentar.

Istri qana’ah adalah istri yang paham kondisi keuangan suami, paham beban yang ada di pundak suami. Ia berusaha semampunya untuk membantu suami mengatasi masalah-demi masalah keuangan.

Istri Qana’ah adalah “barang langka” yang sulit ditemukan di zaman yang kemilau dunia begitu menyilaukan mata. Ia tak perduli tetangganya punya” gunung emas”dan ladang intan berlian. Sekalipun ia tak menoleh apalagi “merengek” kepada suami untuk memperoleh dan memiliki apa yang dimiliki wanita tetangga.

Duhai suami…
Alangkah bahagianya anda jika mendapatkan wanita qana’ah penyejuk mata dan pelita hati anda. Dengannya anda kan menjadi raja dunia tanpa mahkota dan istana.

Duhai Ilahi… anugerahkan kami istri-istri yang qana’ah di dunia ini,agar kami dapat lebih dekat pada-Mu.

Batam, 12 Rabius tsani 1437/ 22 Jan 2016

Abu Fairuz

Tulisan Terkait Lainnya