Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu

Diposting oleh adminabufairuzcom pada 3 January 2017
Kategori: Tazkiyatun Nufus

 

Dosa-dosa akan senantiasa melahirkan kecemasan, ketakutan dan kegelisahan yang berkepanjangan, sementara kebaikan akan senantiasa melahirkan ketenangan dan ketentraman.

Kata Nabi dosa itu adalah sesuatu yang terdapat dalam diri seseorang yang dia khawatir diketahui orang. Sebaliknya kebaikan itu adalah ketenangan yang terhujam ke dalam hati.

Bila dalam hidup ini anda ragu untuk melangkah lebih jauh karena perbuatan tersebut takut diketahui orang, maka berhentilah dan jangan lanjutkan !!

Tapi bila anda merasa benar, tidak melanggar syariat dan dalil, maka tak perlu lirik kiri dan kanan, depan dan belakang “tancap gas” dan jalanlah meski dunia kiamat. Tak perlu begitu didengarkan omongan orang dan selalu berprsangka buruk kepada semua orang.

Lihatlah tentramnya ibunda kita Aisyah tatkala digunjing satu negeri manusia -kecuali yang dirahmati Allah-. Meskipun dia bersedih sebagai tertuduh namun ia yakin pasti akan datang masanya Allah tampakkan kebenaran dan hilangkan kebatilan dan fitnah tersebut.

Akhirnya Allah jua selamatkan beliau dan mengangkat derajat beliau setinggi-tingginya menjadi contoh pelajaran dalam Alquran yang dibaca sepanjang zaman.

Lihat pula bagaimana Allah singkap borok kaum munafikin yang menyebarkan fitnah tanpa bukti menjadi pelajaran dalam Quran yang dibaca sepanjang abad.

Selama anda benar, teruslah berjalan pantang surut ke belakang. Ibarat kata pepatah: “meskipun anjing mengonggong kafilah kan tetap berlalu”.

Jika ternyata anda salah, beristighfarlah dan perbaiki jalan Anda dan bersyukurlah kepada penunjuk jalan yang telah meluruskan jalan anda hingga tidak tersesat.

Batam, 28 Rabiul Awwal 1438 h/27 Des 2016
———————————
Abu Fairuz My

Tulisan Terkait Lainnya